Saturday, January 31, 2009

Seni Kaligrafi Ukir

Kaligrafi adalah seni melukis indah ayat2 Allah. Dapat anda bayangkan, keindahan ayat2 Alqur'an yang ditulis atau diukir diatas media kayu. Subhanallah.... Kaligrafi surat Yasin yang berjumlah 83 ayat tersebut diukir pada media kayu yang berukuran 220x100cm. Begitu indah, mengagumkan dan terkandung nilai seni yang cukup tinggi karena terlihat jelas detail huruf dan harokatnya. Itulah sedikit cerita ketika pertama kali saya melihat ukiran kaligrafi surat yasin, tidak bisa saya bayangkan berapa lama untuk menyelesaikan kaligrafi tersebut. 83 ayat dengan kerumitan2 setiap sisi dan detail ukirannya.
Dengan melihatnya kaligrafi tersebut hati saya tergugah, ingin mencoba menuangkan ide2 dalam pikiran untuk membuat karya seni kaligrafi.
Anda tengok 5th yang lalu, kaligrafi belum begitu populer seperti sekarang. Kita bisa menjumpai kaligrafi hanya dimasjid atau tempat2 tertentu saja. Tetapi sekarang seni kaligrafi dapat kita jumpai ditempat2 umum, dikantor, rumah sakit, pertokoan, dll. Tidak sedikit masyarakat sekarang menghiasi dinding rumahnya dengan kaligrafi. Disamping untuk hiasan yang indah dalam ruang tamu atau ruang keluarga , kaligrafi ayat2 alqur'an diyakini bisa membuka pintu berkah dalam sebuah rumah.
Dari situ saya belajar produksi kaligrafi sendiri yang pemasaranya melalui teman, saudara dan diambil oleh toko furniture dikota saya tinggal. Jadi saya bisa dikatakan suplier atau pengrajin kaligrafi kayu, yang pasti harga kami lebih murah dibanding dishowroom kaligrafi atau toko meubel. Alhamdulillah sekarang koleksi kaligrafi ukir saya sudah lumayan banyak dan banyak diminati, antaralain Allah, Muhammad, Asmaul Husna, Ayat Kursy, Surat Al-Fatikhah, An-Nas, Al-Ikhlash, Al-Kautsar, Al-Insyirah, Ad-Dhuha, Doa Kepada Kedua Orang Tua, Doa Kebaikan, Syahadat, Istigfar, dsb. Seringnya model desain yang berubah ubah baik itu ukuran, fariasi huruf harokat, warna dan frame membuat pelanggan terus mengoleksi kaigrafi produk kami. Bahan baku yang kami pakai ada dua jenis kayu, mahoni dan jati. Semua diproses dengan pengeringan kayu atau oven sebelum mulai pengerjaan. Kami juga menerima pesanan khusus baik itu untuk masjid, pondok ataupun kaligrafi ukuran besar.
Jika anda ingin mengoleksi produk kami atau mengajak kerjasama dengan kami silahkan hubungi Aksin +6281225322136 atau email taftakurnia@yahoo.com

No comments: